Kamis, 20 Maret 2014

Rangkuman Akuntansi Keuangan II bab 13 Kewajiban Lancar

KEWAJIBAN LANCAR DAN KONTINJENSI
(CURRENT LIABILITIES AND CONTINGENCY)

Pengertian Kewajiban
Kewajiban adalah kemungkinan pengorbanan masa depan atas manfaat ekonomi yang muncul dari kewajiban saat ini dari entitas tertentu untuk mentransfer aktiva atau menyediakan jasa kepada entitas lainnya di masa depan sebagai hasil dari transaksi atau kejadian masa lalu.
Dengan kata lain, suatu kewajiban memiliki tiga karakteristik :
1.      Merupakan kewajiban saat ini yang memerlukan penyelesaian dengan kemungkinan transfer masa depan atau penggunaan kas, barang atau jasa
2.      Merupakan kewajiban yang tidak dapat dihindari
3.      Transaksi atau kejadian yang menciptakan kewajiban itu harus telah terjadi

Pengertian Kewajiban Lancar
            Kewajiban lancar adalah kewajiban yang likuidasinya diperkirakan secara layak memerlukan penggunaan sumber daya yang ada, yang diklasifikasikan sebagai aktiva lancar, atau penciptaan kewajiban lancar lain atau kewajiban yang penyelesaiannya dalam satu siklus operasi biasanya 1 tahun.
Beberapa contoh kewajiban lancar :
1.      Hutang Usaha
2.      Wesel Bayar
3.      Jatuh Tempo Berjalan Hutang Jangka Panjang
4.      Kewajiban Jangka Pendek yang diharapkan akan didanai kembali
5.      Hutang Dividen
6.      Uang Muka Pelanggan dan Deposito yang dapat dikembalikan
7.      Pendapatan diterima dimuka
8.      Hutang Pajak Penjualan
9.      Hutang PPh
10.  Kewajiban yang berhubungan dengan karyawan

A.    Hutang Usaha
Hutang Usaha atau Hutang Dagang merupakan saldo yang terhutang kepada pihak lain atas barang, perlengkapan atau jasa yang dibeli dengan akun terbuka atau secara kredit. Hutang Usaha muncul karena adanya kesenjangan waktu antara penerimaan jasa atau akuisisi hak aktiva dan pembayaran atasnya. Periode perluasan kredit ini biasanya ditemukan dalam persyaratan penjualan (2/10, n/30 atau 1/10 E.O.M) dan biasanya adalah 30 hari hingga 60 hari.

           
B.     Wesel Bayar
Wesel Bayar adalah janji tertulis untuk membayar sejumlah uang tertentu pada saat tanggal tertentu di masa depan dan dapat berasal dari pembelian, pe,biayaan atau transaksi lainnya. Wesel diklasifikasikan sebagai jangka pendek atau jangka panjang tergantung pada tanggal jatuh temponya dan dapat juga diklasifikasikan sebagai wesel berbunga dan wesel tanpa bunga.

C.    Jatuh Tempo Berjalan Hutang Jangka Panjang
Pepsico melaporkan obligasi, wesel hipotik dan hutang jangka panjang lainnya yang jatuh tempo dalam tahun fiscal beriktunya. Jatuh tempo saat ini dari hutang jangka panjang sebagai kewajiban lancar. Perusahaan seperti Pepsico, tidak mencatat hutang jangka panjang yang akan jatuh tempo saat ini sebagai kewajiban lancar jika akan :
1.      Ditarik atau dilunasi dengan aktiva yang terakumulasi untuk tujuan tersebut yang secara layak tidak ditunjukkan sebagai aktiva lancar
2.      Didanai kembali atau dilunasi dari hasil penerbita hutang baru
3.      Dikonversi menjadi modal saham

D.    Kewajiban Jangka Pendek yang diharapkan akan didanai kembali
Kewajiban jangka pendek adalah hutang yang dijadwalkan akan jatuh tempo dalam waktu satu tahun setelah tanggal neraca perusahaan atau dalam siklus operasi perusahaan, mana yang lebih lama. Beberapa kewajiban jangka pendek didanai kembali atas dasar jangka panjang dank arena itu, diperkirakan tidak memerlukan penggunaan modal kerja selama tahun berikutnya.
Kriteria pendanaan kembali :
1.      Perusahaan memiliki rencana untuk mendanai kembali kewajiban atas dasar jangka panjang
2.      Perusahaan itu menunujukkan kemampuan untuk pendanaan kembali itu

E.     Hutang Dividen
Hutang Dividen tunai adalah jumlah terhutang oleh perusahaan kepada para pemegang saham sebagai hasil dari otorisasi dewan direksi. Pada tanggal pengumuman, perusahaan mengasumsikan kewajiban yang menempatkan pemegang saham dalam posisi kreditor atas sejumlah dividen yang diumumkan. Karena dividen tunai selalu dibayarkan dalam satu tahun setelah pengumuman (biasanya 3 bulan ) maka itu diklasifikasikan sebagai kewajiban lancar.

F.     Uang Muka dan Deposito Pelanggan
Kewajiban lancar yang dapat mencakup  deposito kas yang dapat dikembalikan yang diterima dari pelanggan dan karyawan. Prusahaan dapat menerima deposito dari pelanggan untuk menjamin pelaksanaan kontrak atau jasa atau sebagai penjamin untuk menutup pembayaran kewajiban yang diharapkan di masa depan. Klasifikasi pos-pos ini sebagai kewajiban lancar atau tidak lancar tergantung pada waktu antara tanggal deposito dan pemutusan hubungan yang mensyaratkan deposito.

G.    Pendapatan Diterima Dimuka
Perusahaan memperhitungkan pendapatan diterima dimuka yang diterima sebelum barang dikirimkan atau jasa dilakukan adalah dengan cara :
1.      Ketika uang diterima, Kas didebet dan akun Kewajiban lancar yang mengidentifikasi sumber pendapatan diterima dimuka dikredit
2.      Ketika pendapatan diterima, akun pendapatan diterima  dimuka didebet, dan akun pendapatan yang diterima dikredit

H.    Hutang Pajak Penjualan
Terkadang penagihan pajak penjualan yang dikredit ke akun kewajiban tidak sama dengan kewajiban yang dihitung oleh rumus pemerintah. Pada kasus ini, GAP membuat penyesuaian atas aku kewajiban dengan mengakui keuntungan atau kerugian atas penagihan pajak penjualan.
Dalam banyak perusahaan, pajak penjualan dan jumlah penjualan tidak dipisahkan pada waktu penjualan terjadi. Keduanya dikredit secara total kea kun penjualan. Sehingga untuk merefleksikan scara benar jumlah penjualan actual dan kewajiban untuk pajak penjualan, akun penjualan didebet sebesar pajak penjualan yang terhutang kepada pemerintah atas penjualan itu dan akun hutang pajak penjualan dikredit sebesar jumlah yang sama

I.       Hutang Pajak Penghasilan
Setiap Pajak Penghasilan federal atau Negara bagian memiliki porsi yang berbeda terhadap jumlah laba tahunan. Dengan menggunakan informasi dan nasihat yang tersedia, perusahaan harus mempersiapkan SPT pajak penghasilan dan menghitung hutang pajak penghasilan yang dihasilkan dari operasi periode berjalan. Hutang pajak atas laba perusahaan, seperti yang dihitung per SPT pajak hatus diklasifikasikan sebagai kewajiban lancar. Tidak seperti perseroan, perusahaan perseorangan dan persekutuan bukan merupakan entitas kena pajak. Karena masing-masing pemilik dan anggota persekutuan terkena PPh pribadi atas bagian dari laba kena paja perusahaannya, maka kewajiban PPh tidak dicantumkan dalam laporan keuangan.

J.      Kewajiban yang berhubungan dengan Karyawan
1.      Pemotongan Gaji
Jenis paling umum dari pemotongan gaji adalah pajak premi asuransi, tabungan karyawan dan iuran serikat kerja. Jika jumlah dipotong belum diserahkan kepada pihak yang berwenang pada akhir periode akuntansi, maka jumlah itu harus diakui sebagai kewajiban lancar.

2.      Absensi yang Dikompensasi
Absensi yang dikompensasi adalah absensi dari pekerjaan seperti cuti, sakit, dan hari libur. Suatu kewajiban harus diakrualkan untuk biaya kompensasi atas absensi di masa depan.

3.      Perjanjian Bonus
Tambahan atas gaji atau upah yang diberikan kepada karyawan atas hasil kerja atau jumlah laba tahunan perusahaan. Pemberian bonus kepada karyawan harus dimasukkan sebagai pengurang dalam menentukan laba bersih tahun berjalan.

Pengertian Kontinjensi
            Kontinjensi adalah suatu kondisi, situasi atau serangkaian situasi yang ada yang melibatkan ketidakpastian mengenai keuntungan atau kerugian perusahaan yang pada akhirnya akan diketahui ketika satu atau lebih kejadian di masa depan terjadi atau tidak terjadi.

Keuntungan Kontinjensi
            Keuntungan kontinjensi adalah hak atau klaim menerima aktiva yang keberadaannya tidak pasti tetapi pada akhirnya mungkin akan menjadi sah. Jenis keuntungan kontinjensi yang khas adalah :
·         Penerimaan yang mungkin atas uang dari hadiah, sumbangan, bonus dan lain sebagainya
·         Kemungkinan pengembalian dana dari pemerintah atas kelebihan pajak
·         Penundaan kasus pengadilan yang hasilnya mungkin menguntungkan
·         Kerugian pajak yang dikompensasi ke depan

Kerugian Kontinjensi
            Kerugian Kontinjensi melibatkan kemungkinan terjadinya kerugian. Kewajiban yang terjadi sebagai akibat dari kerugian kontinjensi menurut definisinya sebagai kewajiban kontinjensi. Apabila terdapat kerugian kontinjensi, maka kemungkinan bahwa kejadian di masa depan akan menguatkan terjadinya kewajiban dari sangat mungkin ke kurang mungkin.
            Suatu estimasi kerugian dari kerugian kontinjensi harus diakrualkan dengan mebebankannya ke beban dan kewajiban yang dicatathanya jika kedua kondisi tersebut dipenuhi:
1.      Informasi yang tersedia sebelum penerbitan laporan keuangan menunjukkan bahwa kemungkinan besar suatu kewajiban telah terjadi pada tanggal laporan keuangan
2.      Jumlah kerugian dapat diestimasi secara layak


Pengakuan Akuntansi atas Kewajiban Penghentian Aktiva
Sebuah perusahaan harus mengakui kewajiban penghentian aktiva (assets retiremet obligation-ARO) ketika perushaan mempunyai kewajiban hukum terkait dengan sebuah aktiva jangka panjang dan ketika perusahaan dapat secara layak mengestimasi jumlah kewajiban itu.

Kejadian yang membebankan kewajiban
Contoh dari kewajiban hukum yang ada, yang memerlukan pengakuan kewajiban, meliputi tetapi tidak terbatas pada :
1.      Penutupan pabrik/fasilitas nuklir
2.      Pembongkaran, pemulihan, dan reklamasi property minyak dan gas
3.      Biaya penutupan, reklamasi, dan pembongkaran faslitas pertambangan
4.      Biaya penutupan dan pasca penutupan tempat pembuangan sampah padat
Untuk memproleh manfaat dari aktiva jangka panjang ini, perusahaan biasanya berkewajiban secara hukum terhadap biaya-biaya yang terkait dengan penghentian aktiva tersebut, apakah aktivitas penghentian itu dilakukan dengan tenaga kerja dan peralatan sendiri atau dilakukan oleh pihak lain.

Pengukuran
Perusahaan pada awalnya mengukur ARO pada nilai wajar, yang didefinisikan sebagai jumlah yang akan dibayar perushaan di dalam pasar aktif. Karena pasar aktif tidak begitu banyak tersedia bagi ARO, maka perushaan mengestimasi nilai wajarnya berdasarkan informasi terbaik yang ada seperti informasi harga pasar dan kewajiban serupa jika ada.

Pengakuan dan Alokasi
Untuk mencatat sebuah ARO dalam laporan keuangan, sebuah perusahaan memasukkan biaya yang terkait dengan ARO dalam jumlah yang tercatat aktiva berjangka panjang tersebut dan mencatat kewajiban dengan jumlah yang sama. Biaya penghentian akan dicatat sebagai bagian dari aktiva tersebut karena biaya-biaya ini terikat pada kegiatan operasi aktiva itu dan diperlukan untuk menyiapkan aktiva itu agar sebagaimana mestinya. Perusahaan tidak boleh mencatat biaya penghentian aktiva yang dikapitalisasi di akun terpisah karena tidak ada manfaat ekonomis nasa depan yang dapat dikaitkan dengan biay-biaya-biaya ini saja.
Pada periode-periode setelahnya, perusahaan mengalokasikan biaya ARO untuk dibebankan selama periode umur manfaat aktiva tersebut. Perusahaan dapat menggunakan metode garis lurus untuk alokasi ini.


Penyajian Kewajiban Lancar
Dalam praktek kewajiban lancar biasanya dicatat dalam catatan akuntansi dan dilaporkan dalam laporan keuangan pada nilai penuh jatuh temponya. Karena singkatnya periode waktu yang terlibat, yang sering kali kurang dari satu tahun, maka perbedaan antara nilai sekarang kewajiban lancar dan nilai jatuh tempo biasanya tidak besar. Penilaian kewajiban yang sedikit terlalu tinggi akibat pencatatan kewajiban lancar pada nilai jatuh temponya dianggap sebagai tidak material.
            Terdapat pengecualianpenting apabila kewajiban yang jatuh tempo saat ini harus dibayar dari aktiva yang diklasifikasikan sebagai jangka panjang. Jika kewajiban jangka pendek dikeluarkan dri kewajiban lancar karena pendanaan kembali, maka catatan laporan keuangan harus mencakup :
1.      Penjelasan umum mengenai perjanjian pendanaan
2.      Persyaratan dari setiap kewajiban bary yang terjadi dan akan terjadi
3.      Persyaratan dari setiap sekurittas ekuitas yang diterbitkan atau akan diterbitkan.

Penyajian Kontinjensi
            Perusahaan mencatat kerugian kontinjensi dan kewajiban jika kerugiannya adalah mungkin dan dapat diestimasi. Akan tetapi. Jika kerugiannya sangat mungkin atau dapat diestimasi tetapi tidak keduanya, dan jika terdapat paling sedikit kemungkinan yang layak bahwa suatu kewajiban telah terjadi, maka pengungkapan berikut diperlukan dalam catatan :
1.      Sifat Kontinjensi
2.      Stimasis mengenai kemungkinan kerugian atau rentang kerugian atau suatu pernyataan bahwa estimasi tidak dapat dilakukan

Beberapa kewajiban kontinjensi lain yang harus diungkapkan meskipun perusahaan kemungkinan kerugiannya sangat kecil adalah sebagai berikut :
1.    Jaminan atas hutang pihak lain
2.    Kewajiban Bank komersial
3.    Jaminan untuk membeli kembali piutang yang telah dijual atau diberikan


Analisis Kewajiban Lancar
     Perbedaan antara kewajiban lancar dan hutang lancar adalah penting karena menyediakan informasi tentang likuiditas perusahaan. Likuiditas yang berhubungan dengan kewajiban adalah waktu yang diharpkan berlalu hingga suatu kewajiban harus dibayar. Dengan kata lain, kewajiban yang akan dibayar dengan segera merupakan kewajiban lancar, Suatu perusahaan yang likuid dapat bertahan lebih baik dalam menghadapi masalah keuangan. Selain itu, perusahaan ini juga memiliki peluang yang lebih baik dalam mengambil keuntungan dan kesempatan investasi yang  berkembang.
Dua rasio yang digunakan dalam menganalisis dan menguji likuiditas adalah rasio lancar dan rasio cepat.

Rasio Lancar
Rasio Lancar adalah rasio total aktiva lancar terhadap kewajiban lancar.
                               Aktiva Lancar
Rasio Lancar =                                  
                               Kewajiban Lancar


Rasio Cepat          
Banyak analis lebih menyukasi rasio cepat yang menghubungkan total kewajiban lancar dengan kas, sekuritas dan piutang.
                             Kas+investasi jangka pendek+piutang bersih
Rasio Cepat =                                                                                                  

                             Kewajiban Lancar






Sumber : Intermediate Accounting Kieso, Weygandt and Warfield

6 komentar:

  1. Mba, mau nanya. Klo mengaplikasikan ke perusahaan terkait kewajiban lancar. Maksudnya gmna mba?

    BalasHapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  3. terimakasih banyak, semoga selalu bermanfaat bagi penulis dan pembaca aamiin

    BalasHapus
  4. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus